Peringatan Untuk Tidak Menindas Yang Lemah


Pendalaman Alkitab
Peringatan Untuk Tidak Menindas Yang Lemah

Pokok Bahasan
Peringatan untuk tidak menindas yang lemah. Pada bagian ini amsal memberi peringatan yang biasa dan umum, tetapi sangat penting, yaitu menindas orang lemah. Janganlah merampasi orang lemah, karena ia lemah, dan janganlah menginjak-injak orang yang berkesusahan di pintu gerbang (ay 22).

Terjemahan harfiah dari bahasa Ibrani adalah "mengambil untung dari yang tidak beruntung". Adalah tidak wajar bila menginjak-injak orang yang berkesusahan, sehingga lebih menambah kesusahan mereka lagi. Juga adalah hal yang aneh bila menghukum mereka, yang berarti berpihak kepada orang-orang yang merampok mereka.

Perbuatan itu sama jahatnya dengan apabila kita sendiri yang merampok mereka. Justru seharusnya mereka dilindungi dari kejahatan dan dibela dari orang-orang yang menginjak-injak mereka. Matthew Henry mengatakan, "Mengeruk keuntungan dari seseorang karena ia tidak mampu bukan hanya suatu tindakan pengecut dan hina, melainkan juga tidak wajar, dan membuktikan bahwa manusia lebih jahat dari binatang."

Ada bahaya yang menyertai dosa ini. Mereka yang menginjak-injak orang yang lemah ini membahayakan dirinya sendiri, karena TUHAN membela perkara mereka, dan mengambil nyawa orang yang merampasi mereka (ay 23). Orang yang ditindas akan mendapatkan perlindungan yang kuat dari Tuhan. Jika tidak ada orang yang tampil untuk membela mereka, maka Tuhanlah yang akan melakukannya. Para penindas akan mendapatkan pembalasan yang adil dari Tuhan.

Aplikasi: Ketika Anda mengalami tekanan dan penindasan yang sewenang-wenang, Anda tidak perlu takut, karena Tuhan dapat menyatakan kuasaNya atas orang-orang jahat tersebut. Tuhanlah Pembela orang lemah. Bersikaplah bijaksana baik terhadap diri sendiri maupun terhadap sesama!

DOA SYAFAAT - FOKUS PELAYANAN KRISTEN
Tidak mudah menjaga visi dan misi organisasi atau yayasan Kristen di tengah-tengah perkembangan zaman ini. Kita berdoa untuk semua pelayan yang ada dalam suatu organisasi atau yayasan Kristen di Indonesia, agar tetap setia di dalam melayani Tuhan, dengan tidak terpengaruh pada hal-hal duniawi yang berdampak negatif. Berdoa pula agar kesatuan hati para pelayan Tuhan bisa terus dipelihara dalam kasihNya. Di samping itu, kita juga berdoa untuk kecukupan dana dalam mencapai visi dan misi tersebut.

TAHUKAH ANDA?
MUJIZAT YESUS YANG DICATAT DI DALAM 4 INJIL
Peristiwa pemberian makan 5000 orang laki-laki dengan hanya menggunakan 5 roti dan 2 ikan, adalah satu-satunya mujizat yang dilakukan oleh Tuhan Yesus yang dicatat di dalam 4 Injil: Injil Matius, Injil Markus, Injil Lukas, Injil Yohanes ( Mat 14 : 13 - 21; Mrk 6: 30-44; Luk 9:10-17; Yoh 6:1-15).

Mutiara Kata Hari Ini
Anda tidak harus membakar buku untuk menghancurkan sebuah budaya. Hanya cukup membuat orang berhenti membacanya.
Ray Bradbury


0 Response to "Peringatan Untuk Tidak Menindas Yang Lemah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel