Pepatah-Pepatah Bijak - Pendalaman Alkitab


Pendalaman Alkitab - Pepatah-Pepatah Bijak


Ayat Alkitab diambil dari :
Amsal 22:24-29
24. Jangan berteman dengan orang yang lekas gusar,
jangan bergaul dengan seorang pemarah,
25. supaya engkau jangan menjadi biasa dengan tingkah lakunya
dan memasang jerat bagi dirimu sendiri.
26. Jangan engkau termasuk orang yang membuat persetujuan,
dan yang menjadi penanggung hutang.
27. Mengapa orang akan mengambil tempat tidurmu dari bawahmu,
bila engkau tidak mempunyai apa-apa untuk membayar kembali?
28. Jangan engkau memindahkan batas tanah yang lama,
yang ditetapkan oleh nenek moyangmu.
29. Pernahkah engkau melihat orang yang cakap dalam pekerjaannya?
Di hadapan raja-raja ia akan berdiri, bukan di hadapan orang-orang yang hina.
Pokok Bahasan
Pepatah-pepatah bijak. Pertama, jangan bergaul dengan orang yang lekas gusar (ay 24-25). Orang yang lekas gusar ... seorang pemarah (ay 24). R. Laird Harris
filutiam gata ..0•11 Yang berbahaya adalah ketika memercayai seseorang melebihi dirinya yang sebenarnya. John Creen
mengatakan bahwa harfiahnya, seorang tukang marah ... seorang yang suka murka. Amsal 29:22 memiliki fraseologi yang mirip, tetapi kebalikannya, "Si pemarah orang yang lekas gusar." Hikmat Mesir yang mirip ialah, "Jangan bergaul dengan orang pemarah atau mengunjunginya untuk bercakap-cakap."

Oleh karena itu, kita harus bijak dan waspada dalam memilih teman, supaya kita tidak melakukan kebodohan dengan mengikatkan diri sepenuhnya kepada seseorang. Alasan yang bagus di balik peringatan ini adalah supaya engkau jangan menjadi biasa dengan tingkah lakunya (ay 25). Meskipun kita harus bersikap baik terhadap semua orang, kita harus waspada dengan siapa saja kita harus berteman dan menjalin keakraban.

Kedua, bahaya menanggung hutang (ay 26-27; Ams 6:1-4). Walaupun Anda seorang yang bebas hutang, tetapi jika Anda menanggung hutang seseorang yang melarikan diri dan tidak membayar hutangnya, maka penagih hutang akan mencari Anda. Membayar hutang tersebut dapat menyebabkan Anda miskin, bahkan orang akan mengambil tempat tidurmu (ay 27).

Ketiga, memindahkan batas tanah. Jangan engkau memindahkan batas tanah yang lama (ay 28). Setiap orang Israel mempunyai tanah ketika bangsa Israel memasuki Kanaan dan membagikan tanah Kanaan (Yos 14:1). Tanah itu menjadi milik keluarga dari generasi ke generasi, jarang sekali tanah itu dijual. Bayangkan betapa mudah tanah seseorang menjadi lebih kecil setelah melewati ratusan tahun, lebih lagi kalau seorang tetangga yang tidak jujur ingin mengubah batas tanah itu untuk kepentingannya. Memindahkan batas tanah berarti memalsukan survei tanah dan mencuri tanah (UI 19:14; 27:17). Kita harus menghormati hak milik orang lain.

Keempat, orang yang cakap dalam pekerjaannya. Pernahkah engkau melihat orang yang cakap dalam pekerjaannya? Di hadapan raja-raja ia akan berdiri, bukan di hadapan orang-orang yang hina (ay 29). Suatu pernyataan yang jelas tentang betapa sulitnya menemukan orang yang benar-benar rajin dan cerdas. Matthew Henry mengatakan, "Salomo memuji orang yang senang bekerja, gesit, dan sibuk dengan pekerjaannya.

Orang yang terus bekerja sampai tuntas, tidak hanya dengan tekun dan gigih, tetapi juga dengan terampil dan cepat. Orang yang sigap, yang tahu bagaimana cara mendatangkan hasil yang besar dengan lingkup pekerjaan yang terbatas." Orang-orang yang mempunyai sikap demikian pasti akan lebih disukai oleh atasannya dan semua orang.

Aplikasi
Apa pun pekerjaan Anda saat ini, kerjakanlah pekerjaan Anda itu sebaik mungkin, dan biarkan Tuhan yang akan mengerjakan bagianNya.

Humor - Arti Penting Merokok
  1. Menjalin keakraban dengan dokter spesialis paru-paru, jantung, dan kanker
  2. Membantu mengurangi kepadatan penduduk dunia
  3. Menambah jumlah penghasilan penjual rokok.
Mutiara Kata Hari Ini
Yang Berbahaya adalah ketika mempercayai seseorang melebihi dirinya yang sebenarnya
John Green



0 Response to "Pepatah-Pepatah Bijak - Pendalaman Alkitab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel