Niat Menjadi Kaya - Pendalaman Alkitab


Pendalaman Alkitab
Niat Menjadi Kaya

Ayat Alkitab diambil dari :

Amsal 23:4-5
4. Jangan bersusah payah untuk menjadi kaya,
tinggalkan niatmu ini.
5. Kalau engkau mengamat-amatinya, lenyaplah ia,
karena tiba-tiba ia bersayap,
lalu terbang ke angkasa seperti rajawali.

Pokok Bahasan
Niat rnenjadi kaya. Salomo meminta orang tamak untuk tidak membanting tulang dan menyiksa dirinya sendiri. Jangan bersusah payah untuk menjadi kaya (ay 4a; Mat 6:19; 1 Tim 6:9-11; Ibr 13:5). Kebahagiaan pasti tidak datang dari kekayaan. Robert L. Alden mengatakan, "Amsal ini berkata 'milikilah hikmat untuk mengendalikan diri' dalam mencari uang." Meskipun seseorang berusaha setengah mati untuk menjadi kaya, tetapi apa yang telah ia kumpulkan dapat hilang keesokan harinya, lenyaplah ia, karena tiba-tiba ia bersayap, lalu terbang ke angkasa seperti rajawali. (ay 5).

Matthew Henry mengatakan, "Bekeria dengan secukuptiya, supava kita dapat membagikan sesuatu, adalah hikmat dan kewajiban kita (Ef 4:28). Bekerja dengan rnelampaui batas, supaya kita dapat menimbun, adalah dosa dan kebodohan kita." Kekayaan tidak bertahan lama dan tidak tetap. Orang tamak menyangka ia berhikmat dengan membayangkan bahwa seandainya ia menjadi sedemikian kaya, maka ia akan benar-benar berbahagia, tinggalkan niatmu ini (ay 4b), sebab itu adalah kesalahan.

Hidupnva tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu (Luk 12:15). Henry mengatakan, "Kekayaan meninggalkan orang dan meninggalkannya dalam kesedihan dan kesusahan jika hati mereka terpatri padanya." Kekayaan adalah sesuatu yang sangat tidak pasti. Orang bisa menggenggamnya erat-erat tetapi tidak untuk waktu yang lama. Entah ia harus diambil dari kita atau kita yang harus diambil darinya.

Aplikasi: Janganlah tnenjadi orang yang tamak dan mengejar secara berlebihan apa yang sia-sia dan menyusahkan jiwa. lngatlah bahwa perkara-perkara di dunia ini adalah perkara-perkara yang akan lenyap. Akan tetapi, marilah kita melakukan segala sesuatu yang bernilai kekal dengan mata yang tertuju kepada Yesus (Ibr 12:2).


DOA SYAFAAT PEMBALAP - MOTOR DAN MOBIL LIAR
  1. Doakan agar pembalap liar diberi kesadaran dan mau menghentikan aktivitas balapannya.
  2. Doakan agar mereka memiliki ide lain yang bermanfaat yang bisa mereka lakukan.

HUMOR ROHANI - BELI MIE GORENG
Pembeli : Pak, mie goreng sebungkus ya?
Penjual : Apa?
Pembeli : Mie goreng sebungkus Pak. (dengan nada sedikit keras)
Penjual : Apa? (penjual kembali bertanya)
Melihat sepertinya telinga si penjual bermasalah, si pembeli pun menaikkan volume suaranya. Pembeli : Mie goreng sebungkus, Pak. (dengan nada suara yang sangat keras)
Akhirnya si pembeli berhasil, tetapi si penjual nainpak tersinggung dengan nada si pernbeli.
Penjual : Nggak usah teriak-teriak, memangnya saya tuli! Mau beli berapa liter?
Pembeli : ?!?!?!

Mutiara Kata Hari Ini
Sabar dan mengertilah, hidup itu terlalu singkat untuk menjadi pendendam dan orang jahat.
Phillips Brooks



0 Response to "Niat Menjadi Kaya - Pendalaman Alkitab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel